Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Model PBL Menggunakan Kartu Kata Bergambar Bahasa Indonesia Kelas 1B

Penulis

  • Septianan Wulansari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Ivoni Hasairin SD Negeri Bakalan, Yogyakarta
  • Ayu Rahayu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Kata Kunci:

keterampilan membaca; PBL; kartu kata bergambar

Abstrak

Keterampilan dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas 1 salah satunya adalah keterampilan membaca. Keterampilan membaca sangat penting dikuasai oleh peserta didik, namun nyatanya masih banyak peserta didik kelas 1 belum dapat membaca. Penelitian ini pertujuan untuk peningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas IB SDN Bakalan melalui model PBL dengan menggunakan kartu kata bergambar. Penelitian ini merupakan penelitia tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah 25 peserta didk kelas 1B SDN Bakalan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisi data kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran PBL ((Problem Based Learning) menggunakan media pembelajaran kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca kelas 1B SDN Bakalan. Peningkatan keterampilan membaca dengan rata-rata sebanyak 58.4 pada siklus I yang termasuk kategori kurang, kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata 77.52 yang termasuk kategori baik. Berdasarkan data analisis tersebut keterampilan membaca peserta didik kelas 1B meningkat setelah dilakukan tindakan melalui model PBL ((Problem Based Learning) menggunakan media kartu kata bergambar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Wulansari, S., Hasairin, I. ., & Rahayu, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Model PBL Menggunakan Kartu Kata Bergambar Bahasa Indonesia Kelas 1B. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 608–618. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1665