Peranan Media Tangga Pintar Untuk Meningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Kelas II SD Negeri Bangunharjo

Penulis

  • Ratih Dwi Maningkum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Alfiatur Rohmaniyah
  • Trisniawati

Kata Kunci:

peranan media, tangga pintar, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan matematika melalui media pembelajaran tangga pintar pada siswa kelas II SD Negeri Bangunharjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus mengajar, yaitu siklus I dan siklus II. Untuk mengukur hasil belajar selama proses pembelajaran menggunakan soal tes evaluasi. Dari 18 orang siswa, hasil penelitian menunjukan bahwa setelah memberikan tindakan selama dua siklus, nilai
rata-rata hasil tes peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan menggunakan media tangga pintar mengalami peningkatan. Kemudian untuk nilai KKM dalam mata pelajaran Matematika materi penjumlahan yaitu 75. Siklus I pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,45 dengan kategori sudah memenuhi KKM dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar dengan nilai rata-rata 80,75 dari rata-rata siklus I. Pra tindakan terdapat 10 dari 18 siswa yang telah memenuhi KKM. Pada siklus I meningkat menjadi 13 dari 18 siswa yang memenuhi KKM. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan. Jumlah yang memenuhi KKM sebanyak 16 dari 18 siswa yang memenuhi KKM. Dari hasil
tersebut menunjukan bahwa, pembelajaran peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan menggunakan media tangga pintar dengan pendekatan experiental learning dapat diterapkan guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

Maningkum, R. D., Rohmaniyah, A., & Trisniawati. (2023). Peranan Media Tangga Pintar Untuk Meningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Kelas II SD Negeri Bangunharjo. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 167–175. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1601