Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV SD Negeri Nogotirto

Penulis

  • Cornelia Yuniati Universitas Sarjanawiyata Tamansiwa
  • Wachid Pratomo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Erlin Hartanti SD Negeri Nogotirto Yogyakarta

Kata Kunci:

Hasil belajar, Matematika, model problem based learning

Abstrak

Penelitian tindakan kelas dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung bilangan cacah yang disebabkan karena kurangnya memahami materi yang diberika guru, ketelitian yang dimiliki siswa kurang, beberapa siswa malas dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi operasi hitung menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV SD Negeri Nogotirto. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa.

Penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus, data penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan pada siklus 1 diperoleh 8 siswa atau 32% dan siklus 2 diperoleh 4 siswa atau 16% yang belum tuntas KKM. Dari data tersebut diketahui bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran problem based learning mengalami peningkatan secara signifikan dari pembelajaran sebelumnya yang hanya menggunakan model pembelajaran ceramah yang dibuktikan dari meningkatnya hasil belajar siswa siklus 1 terdapat 17 siwa atau 68% dan siklus 2 terdapat 21 siswa atau 84% yang sudah mendapat nilai diatas KKM. Jadi kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung pada siswa kelas IV SD Negeri Nogotirto.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Yuniati, C., Pratomo, W., & Hartanti, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV SD Negeri Nogotirto. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 635–641. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1684

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.