Upaya Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Menggunakan Media Belajar Interaktif Pada Siswa Kelas II SD Negeri Sokowaten Baru

Penulis

  • Muhammad Istanja Universitas sarjanawiyata Tamansiswa
  • Herni Nurmawati SD Negeri Sokowaten Baru Yogyakarta
  • TMA Kristanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

konsentrasi, media pembelajaran interaktif, matematika, interaktif

Abstrak

Abstrak : Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi pada pelajaran matematika yaitu dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Dalam hal ini dalam meningkatkan konsentrasi pada pembelajaran matematika dengan menggunakan media yang bisa direalisasikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar pada siswa kelas II SDN Sokowaten Baru dengan menggunakan media Pembelajaran Interaktif Matematika dengan menggunakan media konkret dan media berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi belajar pada pelajaran matematika siswa kelas II SDN Sokowaten Baru dengan menggunakan media interaktif yang dilakukan dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut terlihat dari persentase setiap indikator sikap dalam fokus belajar pada pelajaran matematika yang mencapai 80% atau lebih dengan kriteria sangat baik. Hasil ini juga menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan telah berhasil. Penelitian ini mengandung makna bahwa pendidik matematika harus menyadari pentingnya penggunaan media pembelajaran interaktif  untuk meningkatkan konsentrasi belajar pelajaran matematika lebih sering digunakan dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Istanja, M., Nurmawati, H., & Kristanto, T. (2023). Upaya Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Menggunakan Media Belajar Interaktif Pada Siswa Kelas II SD Negeri Sokowaten Baru. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 659–568. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1781