Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Model Problem Based Learning Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Raden Wahyu Adhi Prabowo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Kristanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Novi SD N Sokowaten Baru

Kata Kunci:

peningkatan, motivasi belajar, problem based learning

Abstrak

Abstrak: Rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn kelas IVC SD Negeri Sokowaten Baru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian ini mengacu pada model PTK menurut Suharsimi Arikunto. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, lembar evaluasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa berada pada persentase ≥ 75 % mencapai skor dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas IVC dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hal ini ditunjukkan dari hasil pada siklus I hasil observasi motivasi belajar siswa memiliki persentase sebanyak 31,82 % pada kategori tinggi, 45,45% kategori sedang dan 22,73% kategori motivasi belajar rendah. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 72,73% pada ketegori tinggi, 18,18% kategori sedang dan 9,09% termasuk kategori rendah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Wahyu Adhi Prabowo, R., Kristanto, T., & Widyaningsih, N. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Model Problem Based Learning Siswa Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 498–504. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1746

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.