PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WARU
Kata Kunci:
learning motivation, science, problem based learningAbstrak
Pembelajaran dengan model yang sama dapat menimbulkan kebosanan sehingga siswa pasif dalam belajar. Hal ini berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Waru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dengan teknik non tes yang terdiri dari angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan keadaan motivasi belajar siswa pada kondisi sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Waru. Peningkatan motivasi belajar dipengaruhi oleh pembentukan kelompok yang dibuat lebih kecil sehingga membuat siswa lebih aktif, pembelajaran dikemas dalam kegiatan belajar mengajar yang lebih interaktif dan menarik. Hal ini didukung dengan penggunaan model Problem Based Learning sebagai model pembelajaran untuk melaksanakan pembelajaran interaktif sehingga siswa lebih termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Saran bagi peneliti selanjutnya dalam melaksanakan pembelajaran perlu adanya perencanaan yang matang dalam memilih model pembelajaran yang relevan dan efektif.
Kata kunci: motivasi belajar, IPA, problem based learning