Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Problem Based Learning, siswa SDAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Problrm Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Tamanwinangun yang berjumlah 19 siswa. Sedangkan objek penelitian yaitu peningkatan motivasi belajar. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan model Problem Based Learning untuk kelas V SDN 3 Tamanwinangun dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada pratindakan diperoleh skor rata-rata 29 dengan persentase 48% (rendah), kemudian meningkat pada siklus I rata-rata skor 45 dengan persentase 76% kategori (sedang). kemudian meningkat di siklus II diperoleh skor rata-rata 50 dengan persentase 83% (tinggi). Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran IPAS kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Motivasi Belajar; Problem Based Learning