Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Penulis

  • Kusmiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nadziroh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Problem Based Learning, siswa SD

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Problrm Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian  adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Tamanwinangun yang berjumlah 19 siswa. Sedangkan objek penelitian yaitu peningkatan motivasi belajar. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan model Problem Based Learning untuk kelas V SDN 3 Tamanwinangun dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.  Hal  ini  ditunjukkan  pada pratindakan  diperoleh  skor  rata-rata  29  dengan persentase  48%  (rendah),  kemudian  meningkat  pada  siklus  I  rata-rata  skor  45 dengan  persentase  76%  kategori  (sedang). kemudian meningkat  di siklus  II diperoleh skor rata-rata 50 dengan persentase 83% (tinggi). Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran IPAS kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2023/2024.

Kata Kunci: Motivasi Belajar; Problem Based Learning

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03

Cara Mengutip

Kusmiati, & Nadziroh, N. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 282–287. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1766

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.