Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Sosial Emosional untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Abstrak
Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan Motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS Kelas IV melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis pendekatan social emosional learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kutoarjo yang berjumlah 38 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model Kemmis & Taggart.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi fotosintesis proses paling penting di bumi kelas IV SD Negeri 1 Kutoarjo. Peningkatan motivasi peserta didik dengan model pembelajaran problem based learning pada siklus I sebanyak 20 peserta didik memiliki kriteria motivasi belajar yang Cukup dengan persentase 62,5%. Kemudian sebanyak 10 orang atau 31,25% memiliki kriteria Baik serta 2 orang atau 6,25% memiliki kriteria Sangat Baik. Kemudian pada siklus II sebanyak 14 peserta didik memiliki kriteria motivasi belajar yang Cukup dengan persentase 43,75%. Kemudian sebanyak 13 orang atau 40,62% memiliki kriteria Baik serta 5 orang atau 15,62 % memiliki kriteria Sangat Baik