PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V

Authors

  • Lathifatus Sa'adah UST
  • Khabibur Rahman Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Cinta Tri Winani Putranti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Genukharjo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Think Pair  Share (TPS). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Genukharjo. Validitas data dilakukan dengan triangulasi metode. Prosedur penelitian ini dalam satu siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kondisi awal siswa yang tuntas belajar sebanyak 3 siswa (37,5%). Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 5 siswa (62,5%), sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 siswa (87,5%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V

Published

2022-11-28

How to Cite

Sa’adah, L., Rahman, K. ., & Putranti, C. T. W. . (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V. SEMNAS PPG UST, 1(1). Retrieved from https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/315