Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas II SD Negeri Daratan pada Pembelajaran PPKN Melalui Metode Pembelajaran Talking Stick

Penulis

  • Cili Ajunda Nada Nimas Halma Sinta Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Anafiah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Agatha Asih Nugraheni SD Negeri Daratan Sleman

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas II pada pembelajaran PPKn di SD Negeri Daratan melalui metode talking stick. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Daratan, yaitu terdiri dari 13 siswa. Objek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa kelas II SD Negeri Daratan pada pembelajaran PPKn. Berdasarkan hasil hasil observasi siklus I keaktifan belajar siswa siklus I  82% (tinggi), dan meningkat pada siklus II mencapai 93% (sangat tinggi). Kemudian hasil rata-rata skala keaktifan belajar siswa siklus I memperoleh persentase 79% (tinggi) dengan jumlah persentase siswa tuntas 85, dan meningkat pada siklus II mencapai 88% (sangat tinggi) dengan persentase jumlah siswa tuntas 100%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

Sinta, C. A. N. N. H., Anafiah, S., & Nugraheni, A. A. (2023). Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas II SD Negeri Daratan pada Pembelajaran PPKN Melalui Metode Pembelajaran Talking Stick. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1026–1032. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1558