PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET JAM ANALOG PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI KARANGPULE KEBUMEN

Penulis

  • Nadiya Rakhmawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Anafiah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Esti Yulianingsih SD Negeri Karangpule, Sruweng, Kebumen, Indonesia

Abstrak

 Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan media
benda konkret jam analog pada siswa kelas II SD Negeri Karangpule Sruweng Kebumen
tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas II SD Negeri Karangpule
dengan jumlah siswa 18. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Media pembelajaran
yang digunakan adalah Media Benda Konkret Jam Analog. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif
dengan rata-rata dan persentase ketuntasan keseluruhan siswa. Hasil penelitian dari
penerapan media benda konkret jam analog pada muatan pembelajaran Matematika kelas
II SD Negeri Karangpule dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa,
dapat dilihat dari presentase ketuntasan keseluruhan siswa pra siklus sebesar 33,33% dari 18
siswa. Pada siklus I presentase ketuntasan keseluruhan siswa meningkat sebesar 66,67% dari
18 siswa, kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 88,90% dari 18 siswa dengan
nilai rata-rata 86,17. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya
peningkatan hasil belajar Matematika mulai tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan
demikian penggunaan media benda konkret jam analog dapat meningkatkan hasil belajar
Matematika siswa kelas II SD Negeri Karangpule Sruweng Kebumen.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Benda Konkret Jam Analog.

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Rakhmawati, N., Anafiah, S., & Yulianingsih, E. . (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET JAM ANALOG PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI KARANGPULE KEBUMEN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/262