Peningkatkan Keterampilan Komunikasi Melalui Penerapan Model Pembelajaraan Inside Outside Circle Pada Pembelajaraan IPS

Penulis

  • Imtinatun Arini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Anafiah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Agatha Asih N SD Negeri Daratan Yogyakarta

Kata Kunci:

Keterampilan Komunikasi, IPS, IOC

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan komunikasi melalui penerapan model pembelajaraan inside outside circle pada pembelajaraan IPS kelas V SDN Daratan . Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa model pembelajaraan IOC dapat Meningkatkan keterampilan komunikasi Materi kondisi geografis indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Daratan. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan model pembelajaraan IOC untuk meningkatkan keterampilan komunikasi. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat model pembelajaraan yang lebih menarik dan bervariasi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-22

Cara Mengutip

Arini, I., Anafiah, S., & Asih N, A. (2024). Peningkatkan Keterampilan Komunikasi Melalui Penerapan Model Pembelajaraan Inside Outside Circle Pada Pembelajaraan IPS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1352–1360. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1692