PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS III SD NEGERI SOROGENEN 1

Penulis

  • Lusi Puspitasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Annis Deshinta Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar Tematik melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas III SD Negeri Sorogenen 1. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2022. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas III SD Negeri Sorogenen 1. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar Tematik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil motivasi belajar diperoleh dari wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan motivasi belajar pada pra Tindakan sebesar 28.12%, kemudian siklus I sebesar 46.87%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85.41%. Indikator keberhasilan sudah tercapai.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-28

Cara Mengutip

Puspitasari, L., & Deshinta, A. . (2022). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS III SD NEGERI SOROGENEN 1. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/297