PEMANFAATAN MEDIA 3D ASSEMBLR STUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD

Authors

  • Diyah Wahyu Novianti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Media 3D, Assemblr studio, IPAS, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media 3D menggunakan assemblr studio untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa Sekolah Dasar materi bagian telinga dan fungsinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di SD Negeri Gambaran Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo, subyek penelitian adalah semua siswa kelas V SD Negeri Gambaran sebanyak 27 siswa. Penelitian ini dilakukandalam dua siklus. Setiap siklus pembelajaran menggunakan model spiral yang didalamnya terdapat tahapan (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes evaluasi, lembar observasi dan dokumentasi hasil penilaian siswa. Hasil penelitian Tindakan kelas ini memperoleh nilai rata-rata siswa pada pra siklus yaitu 66,3 pada siklus I menjadi 70,4 dan pada siklus II menjadi 77, siswa yang lolos KKM dari 52% pada pra siklus menjadi 63% di siklus I dan menjadi 81% di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media 3D berbasis assemblr studio dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gambaran pada pembelajaran IPAS materi bagian telinga dan fungsinya

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79.

Aqib, Z. (2006). Penelitian tindakan kelas untuk guru.

Dewi, R. K. (2020). Pemanafaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan, 21(1), 28–37.

Elsola, D. A. N., & Nisa, A. F. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi menggunakan Media Monas Rumbel (Monopoli Nasionalisme dan Rumah Belajar) untuk Mewujudkan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 1(1). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1099

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group.

Padang, F. A. L., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 38–46.

Rahmawati, D., Nisa, A., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55-66. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335

Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Semnasteknomedia Online, 5(1), 4–6.

Rusnandi, E., Sujadi, H., & Fauzyah, E. F. N. (2016). Implementasi augmented reality (ar) pada pengembangan media pembelajaran pemodelan bangun ruang 3D untuk siswa Sekolah Dasar. INFOTECH Journal, 1(2).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, T., & Nisa, A. F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA SD melalui Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual. Prosiding seminar Nasional Pendidikan Dasar. 1(1). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1168

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–8.

Sunardiyah, M. A., Wibawa, S., & Nisa, A. F. (2022). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar pada abad 21. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST. 1(1). 159-164.

Wibawa, B. (2003). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2572–2721.

Winarsih,. & Nisa, A. F. (2023) Paper aMode Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 1(1). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1106

Published

2023-12-08