Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Ular Tangga Kelas 2 SD Sokowaten Baru
Kata Kunci:
Konsentrasi, Belajar; Media Ular Tanggas; Problem based learningAbstrak
Fokus masalah pada penilitian ini adalah rendahnya konsentrasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas 2 dalam pelajaran PPKn. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas 2 SD Negeri Sokowaten Baru yang berjumlah 24 peserta didik terdiri atas 12 peserta didik putra dan 12 peserta didik putri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan mulai bulan 27 Juli 2023 sampai dengan bulan 14 Agustus 2023 sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus dilaksanakan 4 kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil tentang peningkatan konsentrasi belajar peserta didik sebelum tindakan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 52,9, kemudian nilai rata-rata konsentrasi belajar peserta didik pada siklus ke 1 mencapai 68,5 dengan kenaikan 15,6% sedangkan pada siklus ke 2 jumlah nilai rata-rata konsentrasi belajar mencapai 77,9 dengan total kenaikan 9,4%. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajran Problem Based Learning berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn kelas 2 SD Negeri Sokowaten Baru.