Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan RME Terintegrasi Model PBL Pada Siswa Kelas V SDN Sokowaten Baru
Abstrak
Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan matematika adalah dengan menggunakan pembelajaran matematika praktis. Pendekatan ini penting dalam mengintegrasikan pembelajaran matematika dengan kehidupan sehari-hari dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN Sokowaten Baru dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa kelas V SDN Sokowaten Baru melalui penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) yang dijalankan dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut terlihat dari persentase setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang mencapai 80% atau lebih dengan kriteria sangat baik. Hasil ini juga menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas telah berhasil. Penelitian ini mengandung makna bahwa pendidik matematika harus menyadari pentingnya penerapan PMR untuk meningkatkan keterampilan matematika lebih
sering digunakan dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai secara memadai.