Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan RME Terintegrasi Model PBL Pada Siswa Kelas V SDN Sokowaten Baru

Penulis

  • Bayu Sulistiya Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ery Ayu Nur Manisa SD Negeri Sokowaten Baru

Abstrak

Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan matematika adalah dengan menggunakan pembelajaran matematika praktis. Pendekatan ini penting dalam mengintegrasikan pembelajaran matematika dengan kehidupan sehari-hari dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN Sokowaten Baru dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa kelas V SDN Sokowaten Baru melalui penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) yang dijalankan dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut terlihat dari persentase setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang mencapai 80% atau lebih dengan kriteria sangat baik. Hasil ini juga menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas telah berhasil. Penelitian ini mengandung makna bahwa pendidik matematika harus menyadari pentingnya penerapan PMR untuk meningkatkan keterampilan matematika lebih
sering digunakan dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai secara memadai.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

Sulistiya, B., Nisa, A. F., & Manisa, E. A. N. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan RME Terintegrasi Model PBL Pada Siswa Kelas V SDN Sokowaten Baru. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1045–1053. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1583