Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Siswa SD Kelas III C SD N Sokowaten Baru

Penulis

  • Danang Wahyu Muktyas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Agus Tri Handoko SD Negeri Sokowaten Baru

Kata Kunci:

Motivasi, Tematik, Problem Based Learning, Multimedia Interaktif

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar kelas III C SDN Sokowaten Baru menggunakan model pembelajaran Probelem Base Learning berbantuan Multimedia Interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas IIIC SDN Sokowaten Baru dengan jumlah  siswa sebanyak 26 siswa. Objek penelitian adalah motivasi belajar Tematik pada siswa kelas IIIC SDN Sokowaten Baru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik angket dan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui persentase motivasi belajar dan hasil belajar Tematik siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan multimedia interaktif dapat meningkatkan minat siswa kelas IIIC SDN Sokowaten Baru. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa rata-rata motivasi belajar siklus I sebesar 68,75% pada kategori cukup pada interval antara 50%-69% dan meningkat menjadi 75,55% pada siklus II pada kategori tinggi pada interval antara 70%-84% dengan peningkatan sebesar 6,80%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-18

Cara Mengutip

Muktyas, D. W., Nisa, A. F., & Handoko, A. T. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Siswa SD Kelas III C SD N Sokowaten Baru. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 334–338. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1685