PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V
Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tema 9Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Kwangsan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Kwangsan yang berjumlah 8 siswa, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning rata-rata hasil belajar pada pra siklus sebesar 60 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72,5 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Kwangsan pada materi Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi.