PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V

Penulis

  • Rian Teguh Nugroho Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia
  • Sularmi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tema 9

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Kwangsan dengan  menerapkan  model pembelajaran Problem Based Learning.  Subjek  penelitian  ini adalah  siswa  kelas  V  SD Negeri 02 Kwangsan yang  berjumlah  8  siswa,  terdiri dari 6 siswa laki-laki  dan  2 siswa  perempuan.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning rata-rata hasil belajar pada pra siklus sebesar 60 kemudian meningkat pada siklus  I  menjadi  72,5  dan  mengalami   peningkatan  pada siklus II menjadi 87,5. Dengan  demikian  dapat  disimpulkan  bahwa  dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Kwangsan  pada  materi  Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi.

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Teguh Nugroho, R., Nugrahani, . F. ., & Sularmi, . S. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/322