Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS Menggunakan Media Konkret

Penulis

  • Wa Ode Sagita Putri Pertiwi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Mariah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Tri Wahyuni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Motivasi Belajar Peserta didik; Media Konkrit; IPAS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis konkret yang valid untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan memperoleh media pembelajaran berbasis konkret yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik  SD N Surokarsan 2 Yogykarta. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian Tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Penelitian Tindakan kelas kolaboratif ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Motivasi belajar adalah kekuatan dari dalam diri siswa yang dapat meningkatkan dan menurunkan kekuatan dan usaha siswa untuk bertingkah laku dalam belajar. Individu dalam bertingkah laku senantiasa dipengaruhi oleh motivasinya yang akan memberikan dorongan atau arahan terhadap tingkah laku yang di keluarkannya. Motivasi akan memberi alasan mengapa individu meningkatkan atau menurunkan tingkah laku tertentu. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap pertemuan akan dilakukan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan satu dan dua dengan nilai rata-rata 53% dengan ketegori sedang. Sedangkan hasil dari siklus II pada pertemuan satu dan dua dengan rata-rata 67% dengan kategori tinggi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Pertiwi, W. O. S. P., Mariah, S., & Wahyuni, T. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS Menggunakan Media Konkret. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 776–789. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1621