Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Pembelajaran Kotekstual dengan Bantuan Media Konkret
Kata Kunci:
Motivasi belajar, IPA, pembelajarn kontekstual, Contextual Learning, Media KonkretAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas 6 SD N Surokarsan 2 Yogyakarta menggunakan pembelajaran kontekstual dengan bantuan media konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Subyek dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas VI SD N Surokarsan 2 Yogyakarta yang terdiri dari 24 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dengan bantuan media konkret dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan di setiap siklusnya. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pra-siklus 25% ke siklus 1 menjadi 54,16%. Sedangkan pada siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 79,17%.