Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Pembelajaran Kotekstual dengan Bantuan Media Konkret

Penulis

  • Putri Latifatun Nadhifah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Mariah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Fajar Kurnia Aji SD N Surokarsan 2 Yogyakarta

Kata Kunci:

Motivasi belajar, IPA, pembelajarn kontekstual, Contextual Learning, Media Konkret

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas 6 SD N Surokarsan 2 Yogyakarta menggunakan pembelajaran kontekstual dengan bantuan media konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Subyek dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas VI SD N Surokarsan 2 Yogyakarta yang terdiri dari 24 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dengan bantuan media konkret dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan di setiap siklusnya. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pra-siklus 25% ke siklus 1 menjadi 54,16%. Sedangkan pada siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 79,17%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Putri Latifatun Nadhifah, Mariah, S. ., & Aji, F. K. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Pembelajaran Kotekstual dengan Bantuan Media Konkret . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 858–865. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1689