Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Media Konkret Pada Kelas II SD N Surokarasan 2 Yogyakarta

Penulis

  • Siti Nurrohmah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Mariah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rina Iniahyati SD N Surokarsa 2 Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran berupa media konkret di kelas II SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan dasar rendahnya motivasi belajar pada muatan Bahasa Indonesia di kelas II yang dibuktikan dengan olah data pra siklus yang menunjukkan kriteria berada pada nilai cukup. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas Kolaboratif yang mengacu pada Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdapat 2 kali pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh yaitu pada pra siklus observasi nilai rata-rata sejumlah 64% dan angket 66%. Pada siklus I nilai rata-rata observasi yaitu 71% dan angket 70,3%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata observasi yang diperoleh yaitu 76% dan nilai angket 77,8%. Dimana hal ini berarti bahwa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dan telah mencakup indikator yang telah ditetapkan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Nurrohmah, S., Mariah, S., & Iniahyati, R. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Media Konkret Pada Kelas II SD N Surokarasan 2 Yogyakarta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1062–1068. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1738