Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS menggunakan Model Pembelajaran PJBL pada Peserta Didik Kelas V SDN Surokarsan 2

Penulis

  • Dewi Askanah Bulan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Mariah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Sri Wijayatun SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta

Kata Kunci:

motivasi belajar, IPAS, model pembelajaran PJBL

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran PJBL di kelas V SDN Surokarsan 2. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Surokarsan 2 yang berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Tekanik analisis data digunakan yaitu deskripsif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran PJBL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik SDN Surokarsan 2. Persentase pada siklus I diperoleh nilai terendah 48,27% dan diperoleh nilai tertinggi 84,48%, dengan rata-rata 73,41%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai terendah 73,61%, dan diperoleh nilai tertinggi 93,05%, dengan rata-rata 83,72% dan telah mencapai keberhasilan penelitian.  

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Bulan, D. A., Mariah, S. ., & Wijayatun, S. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS menggunakan Model Pembelajaran PJBL pada Peserta Didik Kelas V SDN Surokarsan 2. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1502–1508. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1646