MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Penulis

  • Windi Agus Setiadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan SD Negeri 01 Dayu Karangpandan
  • Farida Nugrahani

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas 4 Tema 8 Kebersamaan di SD Negeri 01 Dayu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus dan  dilaksanakan mulai dari bulan Februari-Mei 2022. Subjek penelitian adalah 11 siswa kelas IV SD Negeri 01 Dayu Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 6 siswa laki – laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan (conclutions). Hasil penelitian ini adalah bahwa: 1) Melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Dayu mempengaruhi hasil belajar siswa dengan menunjukan peningkatan yang signifikan. Rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 65 kemudian meningkat pada siklus  I  menjadi  70,5  dan  mengalami   peningkatan  pada siklus II menjadi 80,36. Ketuntasan belajar siswa kelas IV secara klasikal pada pra siklus 7 siswa atau 60% belum mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa atau 40% telah mencapai KKM yaitu 70. Pada siklus I, sebanyak 6 siswa atau 55% belum mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa atau 45% telah mencapai KKM yaitu 70. Pada siklus II, sebanyak 10 siswa atau 90% mencapai ketuntasan KKM dan hanya 1 siswa atau 10% yang tidak mencapai KKM

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-28

Cara Mengutip

Setiadi, W. A., & Nugrahani , F. . (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/301

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.