UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI KEDUNGWARU

Authors

  • Retno Dumilah Mahasiswa
  • Shanta Rezkita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Teguh Susanti SD Negeri Kedungwaru

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Masih banyak siswa yang kurang berminat dalam hal membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah upaya meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas III SD Negeri Kedungwaru.  PTK ini dilaksanakan selama 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 15 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar pada siswa kelas III SD Negeri Kedungwaru. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I presentase ketuntasan siswa yang memenuhi capaian target kerjasama yaitu 46,67 % dan meningkat pada siklus II menjadi 86,67% dan pada hasil belajar siklus I presentase ketuntasan siswa yang memenuhi target yaitu 70 % dan meningkat menjadi 86,67 % di siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Kedungwaru tahun ajaran 2021/2022.

Published

2022-08-01

How to Cite

Dumilah, R., Rezkita, S. ., & Susanti, T. . (2022). UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI KEDUNGWARU. SEMNAS PPG UST, 1(1). Retrieved from https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/370

Most read articles by the same author(s)