Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Besed Learning (PBL) Kelas III SD Negeri Mendungan 2

Authors

  • Hanna Sofya Aulia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Purnami Purnami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Haryanti SD Negeri Mendungan 2 Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Problem Based Learning, Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui keberhasilan model pembelajaran problem based learning pada muatan matematika dikelas 3 SD Negeri Mendungan 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada bulan Agustus. Penelitian ini dilakukan karena permasalahan rendahnya hasil belajar matematika dan kurangnya keaktifan terhadap proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adakah peserta didik kelas 3 SD Negeri Mendungan 2 dengan jumlah siswanya sebanyak 26, 13 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, Tes, dan Dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamata dan refleksi, pada siklus ke II dilakukan dengan tahapan yang sama dengan adanya perbaikan sesuai refleksi pada siklus I. analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini mendunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri Mendungan 2 dapat meningkat setelah dilakukan tindakan pengunaan model problem based learning. Hasil penelitian ini pada kondisi awal memiliki rata-rata sebanyak 67,3 dengan presentasekeberhasilan peserta didiknya sebanyak 38.5%, dan pada siklus I meningkat menjadi rata-rata nilainya 70,9 dengan presentase ketuntasan 52%, dan pada siklus II mencapai rata-rata 77,6 dengan presentase keperhasilan peserta didik sebanyak 87%. Dari 2 siklus ini dapat mencapai indikator keberhasilan yang telah dibuat peneliti. Dapat  disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam proses pembelajaran matematika mampu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan keaktifan selama proses pembelajaran.

Published

2024-01-30

How to Cite

Aulia, H. S., Purnami , P. ., & Haryanti. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Besed Learning (PBL) Kelas III SD Negeri Mendungan 2. SEMNAS PPG UST, 2(1), 1586–1593. Retrieved from https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1625

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.