PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PBL PADA MATERI TEMA 7 KELAS III

Penulis

  • Widya Meika Ningrum SD Negeri 02 Pidekso
  • Farida Nugrahani

Kata Kunci:

PROBLEM BASED LEARNING

Abstrak

This study aims to determine the effect of applying the Problem Based Learning model on student learning outcomes in grade 4 theme 7 technology development at SD Negeri 2 Pidekso, Wonogiri Regency, in the 2021/2022 academic year. The research subjects consisted of the third grade students of SD Negeri 02 Pidekso, Wonogiri Regency in the 2021/2022 academic year, totaling 20 people. This study used Classroom Action Research (CAR) which was carried out in two cycles. Each cycle consists of two meetings and four stages, namely planning, implementation, observation, reflection. Data collection techniques used by researchers in this study were in the form of tests, observations, and documentation. The results showed that the Problem Based Learning (PBL) learning model could improve the learning outcomes of third grade students on theme 7 of technological development. This is evidenced by the learning outcomes of the first cycle increasing with a class average of 72 and a 50% completeness percentage. Cycle II increased with a class average of 88.8 and a percentage of completeness of 100%.

 

Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas 4 tema 7 perkembangan teknologi di SD Negeri 2 Pidekso Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas III SD Negeri 02 Pidekso Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembalajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada tema 7 perkembangan teknologi. Ini dibuktikan hasil belajar siklus I meningkat dengan rata-rata kelas sebesar 72 dan presentase ketuntasan 50%. Siklus II meningkat dengan rata-rata kelas sebesar 88,8 dan presentase ketuntasan sebesar 100 %.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-28

Cara Mengutip

Ningrum, W. M., & Nugrahani, F. . (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PBL PADA MATERI TEMA 7 KELAS III. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/311

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.