Systematic Literature Review : Literasi Matematika Ditinjau dari Self-Confidence
Keywords:
literasi matematika, self-confidence, systematic literature reviewAbstract
Dalam proses pemecahan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari, siswa memerlukan literasi matematika untuk menjadi bekal dalam proses penyelesaiannya. Namun berdasarkan hasil TIMSS dan Pisa, tingkat literasi matematika Indonesia masih tergolong rendah. Fakta ini menunjukkan bahwa diperlukan upaya efektif untuk meningkatkan literasi matematika siswa. Salah satu faktor pendukung yang berhubungan dengan literasi matematika adalah rasa percaya diri. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk meninjau beberapa literatur yang berkaitan dengan literasi matematika dalam kaitannya dengan kepercayaan diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini menggunakan 7 artikel prosiding pada rentang tahun 2018 – 2023 yang diperoleh dari database Crossref, Google Scholar, dan Semantic Scholar dengan bantuan aplikasi terbitkan atau binasa. Hasil tinjauan pustaka ini menunjukkan bahwa literasi matematika yang ditinjau dari kepercayaan diri selalu mengalami pembaharuan topik pembahasan yang saling berkaitan satu sama lain dari waktu ke waktu. Literatur menunjukkan bahwa kepercayaan diri mempunyai hubungan dengan literasi matematika. Dalam proses pelaksanaan akreditasi sekolah memberikan kontribusi terhadap literasi matematika dan kepercayaan diri siswa serta kualitas pendidikan terutama dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa tingkat literasi matematika dan kepercayaan diri siswa dikategorikan dalam beberapa tingkatan yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Terdapat perbedaan literasi matematika ditinjau dari rasa percaya diri pada mata pelajaran matematika. Siswa yang mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, cenderung mengalami kenaikan matematika di sana juga begitu pula sebaliknya.
References
Aini, A. N., Matematika, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Confidence. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p812-825
Ambarwati, B. T., Matematika, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2022). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Proporsi Rooselyna Ekawati. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p390-403
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika , 2(2), 147–153. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index
Aulia, H. D., Umbara, D., & Priatna, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence. Sigma, 8(1). http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v8i1.1690
Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585
Dewi, S. N., & Minarti, E. D. (2018). Hubungan Antara Self-Confidence Terhadap Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 7(2), 189–198. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Elenna, E., Setiani, A., & Imswatama, A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Pada Gaya Kognitif Di Era Implementasi Merdeka Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2261–2276. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2629
Eviliasani, K., Hendriana, H., Senjayawati, E., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Smp Kelas Viii Di Kota Cimahi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.333-346
Falah, M., & Pratiwi, Y. (2022). Keterampilan Metakognitif Siswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 317–324.
Fardani, Z., & Surya, E. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1).
Firdaus, A., Zaenuri, Z., & Asih, T. S. N. (2023a). Literasi Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Peserta Didik Pada Pembelajaran Pbl Bernuansa Etnomatematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2338. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7531
Firdaus, A., Zaenuri, Z., & Asih, T. S. N. (2023b). Literasi Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Peserta Didik Pada Pembelajaran Pbl Bernuansa Etnomatematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2338. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7531
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers’ Conceptions Of Mathematical Literacy. In International Journal Of Education In Mathematics (Vol. 7, Issue 3). Www.Ijemst.Com
Husna, N., Mulyani, S., & Shahinoor Rahman, M. (2020). Reading Literacy, Mathematical Literacy, And Self-Confidence Of Junior High School Students In Singkawang. In Journal Of Education, Teaching And Learning (Vol. 5). http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v5i2.1986
Kurniawati, N. D. L., & Mahmudi, A. (2019). Analysis Of Mathematical Literacy Skills And Mathematics Self-Efficacy Of Junior High School Students. Journal Of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012053
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (1st Ed.). Pt. Refika Aditama.
Manzilatussyifa, Hermanto Redi, & Heryani Yeni. (2022). Pengaruh Self Confidence Terhadap Literasi Matematis Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Kongruen, 1(3), 236–241. https://publikasi.unsil.ac.id/index.php/kongruen
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal Pisa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Muhamad, Y. K., Rosandi, A., & Zanthy, L. S. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Logis Siswa Mts. Journal On Education, 01(03), 229–235.
Nisa, F., & Sari Faradiba, S. (2023). Profil Literasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Level Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Pisa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(2), 1003–1019. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2211
Oecd. (2019). Programme For International Student Assessment (Pisa). The Language Of Science Education, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69
Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use? In Journal Of Mathematics Education © Education For All (Vol. 4, Issue 1).
Prasasti, N. Y., & Sumardi, S. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tipe Hots Materi Statistika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3052. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5552
Pratama, M. A. (2020). Mathematical Critical Thinking Ability And Students’ Confidence In Mathematical Literacy. Journal Of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012028
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (Slr) Di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Putri, R. I. I., & Zulkardi, Z. (2018). Higher-Order Thinking Skill Problem On Data Representation In Primary School: A Case Study. Journal Of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012056
Rachmawati, T. D., Cahyono, D., & Nastiti, A. S. (2021). Systematic Literature Review : Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Koperasi Di Indonesia. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 11(1), 40–54. http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis
Rahmadani, A., Rizky Wandini, R., Dewi, A., Zairima, E., & Dwi Putri, T. (2022). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 427–433.
Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. H. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 348–364.
Safitri, R. A., Andari, T., & Apriandi, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Self Confidence. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/kid
Safrida, L. N., Sunardi, S., Suwito, A., Oktavianingtyas, E., & Rizkina, D. (2023). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Lingkaran Ditinjau Dari Self Efficacy. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. https://doi.org/10.20527/edumat.v11i1.15091
Sholikhah, O. H., & Pradana, L. N. (2018). Peningkatan Tingkat Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Kit Matematika Berbasis Virtual. Snasppm : Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. https://www.researchgate.net/publication/335489673
Siddiq, M., Sagala, V., Listiana, Y., Kemampuan, P., Matematika, L., Berdasarkan, S., Kognitif, G., & Gender, D. (2023). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Dan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 64–80.
Trianawaty Anwar, N., Budi Waluya, S., & Supriyadi. (2018). Abilities Of Mathematical Literacy Based On Self-Confidence In Problem Based Learning With Dapic Problem-Solving Process. Ujmer, 7(2), 152–160. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., Iswara, B., Studi, P., Informasi, S., Bali, S., Raya, J., & No, P. (2019). Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi Di Indonesia. Indonesian Journal Of Information Systems (Ijis), 1(2), 63–77. Https://Www.Google.Com
Wijayanti, R., Waluya, S. B., & Masrukan. (2018). Analysis Of Mathematical Literacy Ability Based On Goal Orientation In Model Eliciting Activities Learning With Murder Strategy. Journal Of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012141
Yuli Noviana, K., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi Pisa Konten Quantity Pada Siswa Smp. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195–211. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2830
Zulfahita, Z., Husna, N., & Mulyani, S. (2020). Kemampuan Literasi Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Berdasarkan Akreditasi Sekolah Swasta Dan Negeri Di Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 407. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2806
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ais Arina Rahmawati, Stevanus Budi Waluya, Wardono Wardono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.