Peningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika
Kata Kunci:
Keaktifan, Problem Based LearningAbstrak
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran matematika melalui Model Problem Based Learning (PBL) di kelas 4B SDN Jurugentong. Hipotesis penelitian dalam penelitian ini adalah pembelajaran melalui model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 4B SDN Jurugentong.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah SDN Jurugentong siswa yang berjumlah 26 siswa. Obyek penelitian ini adalah keaktifan siswa yang didapat dari pembelajaran matematika dengan melalui model PBL. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk angket dilakukan dengan menghitung skor tiap indikator kemampuan keaktifan yang diperoleh, selanjutnya dikomulatifkan dan dihitung rata-ratanya selanjutnya dicari persentase keaktifan siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran melalui model PBL, keaktifan siswa pada saat pembelajaran mengalami peningkatan. Keaktifan siswa mengalami peningkatan dari siklus I 43% pada siklus II menjadi 47 %. diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran tersebut.
Kata kunci : Keaktifan, Problem Based Learning (PBL)