Peningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika

Penulis

  • tryastutidian mugiasih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • annisdeshinta ayuningtyas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Keaktifan, Problem Based Learning

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran matematika melalui Model Problem Based Learning (PBL) di kelas 4B SDN Jurugentong. Hipotesis penelitian dalam penelitian ini adalah pembelajaran melalui model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 4B SDN Jurugentong.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah SDN Jurugentong siswa yang berjumlah 26 siswa. Obyek penelitian ini adalah keaktifan siswa yang didapat dari pembelajaran matematika dengan melalui model PBL. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk angket dilakukan dengan menghitung skor tiap indikator kemampuan keaktifan yang diperoleh, selanjutnya dikomulatifkan dan dihitung rata-ratanya selanjutnya dicari persentase keaktifan siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran melalui model PBL, keaktifan siswa pada saat pembelajaran mengalami peningkatan. Keaktifan siswa mengalami peningkatan dari siklus I  43%  pada siklus II menjadi  47 %. diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran tersebut.

 

Kata kunci : Keaktifan, Problem Based Learning (PBL)

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03

Cara Mengutip

mugiasih, tryastutidian, & ayuningtyas, annisdeshinta. (2023). Peningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 260–266. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1648

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.