Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model PBL Pada Siswa Kelas II SDN Karangtalun 2 Magelang

Authors

  • Deviana Wahyuningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ardian Arief Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Pujiyati SD Negeri Karangtalun 2

Keywords:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL), Matematika

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Karangtalun 2 Magelang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas II SD Negeri Karangtalun 2 Magelang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus dengan setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangtalun 2 magelang dengan subjek penelitian sejumlah 7 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Metode pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika mengalami peningkatan walaupun masih ada beberapa siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data rata-rata siklus I ke siklus II meningkat dari 72,29 menjadi 88,96 Dengan diperoleh persentase ketuntasan belajar dari 50% meningkat menjadi 83%. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri Karangtalun 2 Magelang. 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL), Matematika

Published

2023-12-19

How to Cite

Wahyuningsih, D., Arief, A., & Pujiyati, S. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model PBL Pada Siswa Kelas II SDN Karangtalun 2 Magelang . SEMNAS PPG UST, 2(1), 521–527. Retrieved from https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1730

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.